Selamat Datang di

KURSUS ANIMASI 3D - BLENDER ADVANCED

No. 1 Kursus Upskill, Terbaik & Berpengalaman

Berapakah Biaya Kursus

Animasi 3D - Blender Advanced?

Kursus Animasi 3D  Blender Advanced di Hitaclass dirancang untuk mengembangkan skill dasar 3D Anda. Program Advanced ini ditujukan untuk Anda yang sudah menguasai dasar-dasar tool yang ada di Blender. Dalam kursus ini, Anda akan belajar lebih spesifik dan terkonsentrasi sesuai dengan masing-masing kategori yaitu modeling, texturing, rigging, dan rendering, serta animasi yang lebih advanced. 

HARGA NORMAL

Biaya Kursus - Per Kategori

Rp 6.000.000

Kursus Animasi 3D dengan software Blender lanjutan, jadilah 3D Spesialist memilih salah satu konsentrasi dari:

  • Modelling
  • Rigging
  • Animating
  • Rendering

LEBIH HEMAT

Biaya Kursus - ALL IN

Rp 23.000.000

Ambil semua kelas, dan jadilah 3D Generalis Professional yang menguasai semua kategori:

  • Modelling
  • Rigging
  • Animating
  • Rendering

Materi Kursus Blender Advanced

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Modelling

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Modelling yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Blender dan Dasar-dasar Modeling

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Antarmuka Blender untuk Modeling
    • Dasar-dasar Navigasi dan Manipulasi Objek
    • Pengenalan Mode Edit dan Mode Object
    • Tools Dasar: Move, Rotate, Scale, Extrude, dan Inset
  • Praktik:
    • Membuat dan memodifikasi objek sederhana seperti kubus, silinder, dan kerucut menggunakan tools dasar

Sesi 2: Struktur Mesh dan Teknik Pengeditan Dasar

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Memahami Struktur Mesh: Vertices, Edges, dan Faces
    • Teknik Pengeditan Mesh: Loop Cuts, Knife Tool, dan Subdivide
    • Modifier Dasar: Subdivision Surface dan Mirror
  • Praktik:
    • Membuat model sederhana dengan teknik pengeditan mesh dan menerapkan modifier dasar

Sesi 3: Teknik Pemodelan Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Extrusion dan Bevel untuk Detail
    • Pengenalan kepada Vertex Group dan Edge Loop
    • Menggunakan Modifier Lainnya: Boolean dan Array
  • Praktik:
    • Membuat model kompleks dengan teknik extrusion dan bevel, serta menerapkan modifier boolean dan array

Sesi 4: Modeling Hard Surface

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Hard Surface Modeling: Definisi dan Teknik Dasar
    • Teknik Detailing: Bevel, Edge Loops, dan Hard Surface Tools
    • Menggunakan Modifier untuk Hard Surface: Boolean, Array, dan Mirror
    • Teknik Detailing Tambahan: Hard Surface Texturing dan Paneling
  • Praktik:
    • Membuat model hard surface seperti robot, senjata, atau kendaraan menggunakan teknik dan modifier khusus

Sesi 5: Pemodelan Organik dan Sculpting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Pemodelan Organik: Sculpting vs. Traditional Modeling
    • Pengenalan ke Sculpt Mode: Brush Types dan Tools
    • Teknik Dasar Sculpting: Dynamic Topology dan Multiresolution
  • Praktik:
    • Membuat model organik sederhana menggunakan sculpting dan teknik dasar modeling

Sesi 6: Teknik Pembuatan Tekstur dan UV Mapping

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan UV Mapping: Konsep dan Teknik Unwrapping
    • Mengatur UV Islands dan Penempatan UV
    • Teknik Texture Paint untuk Mewarnai Model
  • Praktik:
    • Membuat UV Map untuk model dan menerapkan tekstur dasar menggunakan Texture Paint

Sesi 7: Modeling untuk Lingkungan dan Arsitektur

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Modeling untuk Lingkungan: Building Blocks dan Modular Design
    • Menggunakan Add-ons untuk Arsitektur (misalnya, Archimesh)
    • Penerapan Teknik Detail seperti Bevel dan Inset untuk Arsitektur
  • Praktik:
    • Membuat model lingkungan atau bangunan sederhana dengan teknik modular dan detail

Sesi 8: Teknik Modeling untuk Efek Khusus

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Pemodelan untuk Efek Khusus: Smoke, Fire, Fluid
    • Penggunaan Modifier untuk Efek Khusus
    • Teknik Detail untuk Efek Khusus
  • Praktik:
    • Membuat model untuk efek khusus seperti api atau asap dengan teknik modeling yang sesuai

Sesi 9: Optimasi Mesh dan Perbaikan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Mengurangi Poligon untuk Mesh yang Efisien
    • Memperbaiki Masalah Mesh: Normal, Double Vertices, dan Non-Manifold Edges
    • Teknik Decimation dan Retopology untuk Optimalisasi
  • Praktik:
    • Mengoptimalkan mesh dan memperbaiki masalah mesh untuk kinerja yang lebih baik

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Model Komprehensif dengan Teknik yang Telah Dipelajari
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir dan sesi tanya jawab serta diskusi mengenai proses dan teknik yang digunakan

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Rigging

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Rigging yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Rigging di Blender

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Rigging? Konsep dan Pentingnya dalam Animasi
    • Pengenalan Antarmuka Blender untuk Rigging
    • Memahami Struktur Rig: Bone dan Armature
    • Menyiapkan Model untuk Rigging
  • Praktik:
    • Membuat dan mengatur armature dasar serta menambahkan bone ke model sederhana

Sesi 2: Membuat dan Mengatur Armature

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Membuat Bone: Penambahan, Pengaturan, dan Penamaan
    • Menghubungkan Bone dengan Model: Parent dan Constraints
    • Menggunakan Pose Mode untuk Menguji Bone
  • Praktik:
    • Membuat armature lengkap untuk model sederhana dan mengatur bone untuk pose dasar

Sesi 3: Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK)

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Konsep Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK)
    • Menerapkan IK dan FK pada Rig
    • Mengatur IK Constraints dan IK Solvers
  • Praktik:
    • Menambahkan IK dan FK pada rig model dan menguji pergerakan

Sesi 4: Pengaturan Weight Painting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Weight Painting dan Mengapa Penting
    • Menggunakan Weight Paint Tools: Draw, Blur, dan Smooth
    • Memahami Vertex Groups dan Weight Assignment
  • Praktik:
    • Menerapkan weight paint pada model rigging dan menyesuaikan weight untuk gerakan yang alami

Sesi 5: Penggunaan Vertex Groups dan Automatic Weights

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Mengelola Vertex Groups: Pembuatan dan Penugasan
    • Teknik Automatic Weights: Weight Painting Otomatis
    • Memperbaiki dan Menyempurnakan Automatic Weights
  • Praktik:
    • Menggunakan automatic weights untuk rig dan melakukan penyesuaian pada vertex groups

Sesi 6: Mengatur Skinning dan Mengatasi Masalah Umum

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Skinning Lanjutan: Weight Painting dan Smooth Weights
    • Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah Umum dalam Skinning
    • Menggunakan Mesh Tools untuk Perbaikan
  • Praktik:
    • Mengatasi masalah umum dalam skinning dan melakukan perbaikan pada model yang ada

Sesi 7: Menerapkan Constraints dan Controllers

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penggunaan Constraints: Limit, Copy, dan Track To
    • Menerapkan Controllers untuk Mempermudah Animasi
    • Teknik Setup: IK-FK Switching dan Custom Controllers
  • Praktik:
    • Menambahkan constraints dan controllers pada rig untuk meningkatkan fungsionalitas

Sesi 8: Rigging untuk Ekspresi dan Karakter

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan kepada Rigging Ekspresi: Facial Rigging dan Shape Keys
    • Teknik Membuat Facial Rig dan Mengatur Shape Keys
    • Implementasi Ekspresi dalam Animasi
  • Praktik:
    • Membuat dan mengatur facial rig serta shape keys untuk ekspresi karakter

Sesi 9: Proses Rigging dan Weight Painting Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Rigging untuk Model Kompleks: Mengatur Multiple Armatures
    • Weight Painting untuk Model dengan Banyak Bone
    • Teknik Lanjutan untuk Pengaturan Rig dan Skinning
  • Praktik:
    • Menerapkan teknik lanjutan untuk rigging dan weight painting pada model kompleks

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Rig dan Weight Paint untuk Model Lengkap
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir, sesi tanya jawab, dan diskusi mengenai proses dan teknik yang digunakan

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Animating

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Animasi yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Animasi di Blender

  • Tujuan: Memahami dasar-dasar animasi di Blender dan mengenal antarmuka Blender terkait animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan animasi dan antarmuka Blender.
    • Navigasi di Timeline dan Dope Sheet.
    • Pengenalan keyframes: Apa itu keyframe dan bagaimana cara kerjanya.
    • Praktik membuat animasi sederhana dengan transformasi objek (translasi, rotasi, skala).
  • Latihan: Membuat animasi dasar dari sebuah objek bergerak dari titik A ke titik B.

Sesi 2: Menggunakan Graph Editor

  • Tujuan: Memahami penggunaan Graph Editor untuk mengatur dan memodifikasi animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan Graph Editor dan fungsinya.
    • Membaca dan memanipulasi kurva animasi (F-curves).
    • Menambahkan dan mengedit keyframe melalui Graph Editor.
    • Menggunakan interpolasi dan easing untuk membuat animasi yang halus.
  • Latihan: Menganalisis dan memodifikasi kurva animasi untuk mengontrol kecepatan dan kelancaran gerakan.

Sesi 3: Animasi Rigging dan Pengenalan Armature

  • Tujuan: Mengenal dasar rigging dan armature untuk animasi karakter.
  • Materi:
    • Pengenalan konsep rigging dan armature.
    • Membuat dan mengatur armature dasar.
    • Menautkan (parenting) armature ke objek mesh.
    • Memahami pose mode dan penggunaan bones.
  • Latihan: Membuat rig sederhana dan menggerakkan karakter menggunakan pose mode.

Sesi 4: Rigging Lanjut dan Weight Painting

  • Tujuan: Menguasai teknik rigging lanjut dan weight painting untuk kontrol animasi yang lebih baik.
  • Materi:
    • Menambahkan kontrol ikatan tulang (bone constraints).
    • Menggunakan Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK).
    • Pengenalan weight painting dan pengaruhnya pada deformasi mesh.
    • Praktik weight painting untuk memastikan deformasi yang baik.

Latihan: Membuat rig kompleks dengan IK/FK dan memperbaiki deformasi mesh menggunakan weight painting.

Sesi 5: Animasi Karakter Dasar

  • Tujuan: Mempelajari teknik dasar animasi karakter.
  • Materi:
    • Prinsip dasar animasi karakter (timing, spacing, squash & stretch).
    • Membuat pose kunci (key poses) dan pose perantara (in-betweens).
    • Mengatur timing dan spacing untuk gerakan karakter yang realistis.
    • Praktik menghidupkan karakter sederhana dengan gerakan dasar (misalnya berjalan).
  • Latihan: Membuat animasi karakter sederhana yang berjalan (walk cycle).

Sesi 6: Animasi Karakter Lanjut

  • Tujuan: Mendalami teknik animasi karakter yang lebih kompleks.
  • Materi:
    • Menambah detail pada walk cycle (weight shift, overlapping action).
    • Memahami animasi lip sync dan ekspresi wajah.
    • Menggunakan shape keys untuk kontrol ekspresi wajah.
    • Praktik animasi dialog dengan sinkronisasi bibir dan ekspresi.
  • Latihan: Membuat animasi pendek dengan karakter berbicara dan berekspresi.

Sesi 7: Dinamika Fisika dan Simulasi

  • Tujuan: Mengintegrasikan dinamika fisika dan simulasi dalam animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan sistem fisika di Blender (Rigid Body, Soft Body, Cloth).
    • Membuat animasi menggunakan Rigid Body untuk objek jatuh atau bertabrakan.
    • Menggunakan Soft Body untuk animasi objek yang lebih fleksibel.
    • Praktik membuat simulasi cloth (kain) untuk karakter.

Latihan: Membuat animasi objek jatuh yang realistis dan animasi kain yang bergerak.

Sesi 8: Efek Partikel dan Animasi Lingkungan

  • Tujuan: Memahami penggunaan efek partikel dan animasi lingkungan.
  • Materi:
    • Pengenalan sistem partikel di Blender.
    • Membuat animasi partikel dasar (misalnya hujan, api, asap).
    • Menggunakan force fields untuk mempengaruhi partikel.
    • Animasi lingkungan: mengatur kamera dan pencahayaan untuk adegan animasi.
  • Latihan: Membuat adegan hujan dengan efek partikel dan animasi kamera.

Sesi 9: Animasi Kamera dan Teknik Sinematografi

  • Tujuan: Menguasai teknik animasi kamera untuk meningkatkan kualitas sinematik.
  • Materi:
    • Pengenalan animasi kamera: setting focal length, depth of field, dan pergerakan kamera.
    • Teknik tracking dan dolly untuk pergerakan kamera yang halus.
    • Menggunakan kamera untuk storytelling (panning, tilting, zooming).
    • Praktik membuat animasi kamera yang dinamis.
  • Latihan: Membuat adegan pendek dengan pergerakan kamera yang kompleks dan dramatis.

Sesi 10: Rendering dan Compositing Animasi

  • Tujuan: Menguasai proses rendering dan compositing untuk hasil akhir animasi.
  • Materi:
    • Pengaturan rendering untuk animasi: sampling, resolution, output formats.
    • Memahami dan mengatur node compositing untuk efek visual.
    • Menggabungkan elemen-elemen berbeda (render passes) untuk animasi yang kompleks.
    • Praktik membuat dan mengedit animasi akhir menggunakan compositing.

Latihan: Merender dan melakukan compositing pada proyek animasi yang telah dibuat selama kursus.

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Rendering

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Rendering yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Rendering di Blender

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Rendering? Pengertian dan Pentingnya dalam 3D
    • Memahami Antarmuka Blender untuk Rendering
    • Perbedaan Antara Eevee dan Cycles Render Engine
    • Pengaturan Awal: Menyiapkan Scene dan Kamera
  • Praktik:
    • Menyiapkan scene sederhana dan melakukan rendering pertama menggunakan Eevee dan Cycles

Sesi 2: Menggunakan Eevee Render Engine

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Eevee: Kelebihan dan Kelemahan
    • Pengaturan dan Optimalisasi Eevee
    • Penambahan dan Pengaturan Ambient Occlusion, Screen Space Reflections
    • Mengatur Lights dan Materials di Eevee
  • Praktik:
    • Mengoptimalkan scene untuk Eevee dan membandingkan hasil dengan Cycles

Sesi 3: Pengenalan Cycles Render Engine

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Cycles: Kelebihan dan Kelemahan
    • Memahami Sampling, Bounces, dan Light Paths
    • Mengatur Render Settings untuk Kualitas dan Kecepatan
  • Praktik:
    • Mengatur dan merender scene dengan Cycles, eksperimen dengan sampling dan light bounces

Sesi 4: Material dan Shader dalam Rendering

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Shader Editor
    • Dasar-dasar Material: Principled BSDF, Diffuse, Glossy
    • Teknik Shader: Bump Mapping, Normal Mapping
    • Material Nodes dan Pengaturan
  • Praktik:
    • Membuat dan menerapkan berbagai jenis material dan shader pada objek

Sesi 5: Pencahayaan (Lighting) untuk Rendering

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Jenis-jenis Cahaya: Point, Sun, Spot, Area Lights
    • Teknik Pencahayaan: 3-Point Lighting, HDRi Lighting
    • Pengaturan Shadows dan Penyesuaian Intensitas Cahaya
  • Praktik:
    • Menerapkan berbagai jenis pencahayaan pada scene dan menyesuaikan untuk hasil optimal

Sesi 6: Pengaturan Kamera dan Komposisi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengaturan Kamera: Focal Length, Depth of Field
    • Teknik Komposisi: Rule of Thirds, Leading Lines
    • Mengatur Depth of Field di Cycles dan Eevee
  • Praktik:
    • Mengatur kamera dan menerapkan teknik komposisi pada scene

Sesi 7: Post-Processing dan Compositing

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Compositing Nodes
    • Teknik Post-Processing: Color Correction, Vignetting
    • Menyimpan dan Mengedit Rendered Image
  • Praktik:
    • Menggunakan Compositing Nodes untuk meningkatkan hasil render

Sesi 8: Teknik Rendering Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penggunaan Render Layers dan Passes
    • Integrasi dengan Software Lain untuk Rendering
    • Teknik Rendering untuk Efek Khusus (misalnya, Smoke, Fire, Fluid)
  • Praktik:
    • Menggunakan Render Layers dan Passes untuk meningkatkan hasil render

Sesi 9: Optimalisasi dan Troubleshooting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah Rendering Umum
    • Teknik untuk Mengoptimalkan Kecepatan Render
    • Menggunakan Tools dan Add-ons untuk Memperbaiki Masalah
  • Praktik:
    • Memecahkan masalah rendering dan mengoptimalkan scene untuk kecepatan dan kualitas

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Scene Komprehensif dengan Teknik yang Telah Dipelajari
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir dan sesi tanya jawab

Pilihan Kursus Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Tersedia puluhan materi yang bisa Kamu pelajari, dengan tutor yang sudah berpengalaman di dunia industri selama lebih dari 10 tahun.

Kursus Desain Grafis - Corel Draw & Photoshop

90 Menit x 10 Sesi

Rp 2.000.000

Kursus Digital Marketing

90 Menit x 10 Sesi

Rp 2.000.000

Kursus Bikin Website - Tanpa Coding!

90 Menit x 7 Sesi

Rp 3.000.000

Kursus Web Developer - Frontend

90 Menit x 15 Sesi

Rp 5.000.000

Kursus Web Developer - Backend

90 Menit x 14 Sesi

Rp 5.000.000

Kursus Animasi 2D - Motion Graphic with After Effect

90 Menit x 10 Sesi

Rp 5.000.000

Kursus Animasi 3D - Blender

90 Menit x 10 Sesi

Rp 6.000.000

Yuk Mulai Karirmu!

Bersama Para Expert HITACLASS

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Upgrade Skill Digital Dari Sekarang

Mengapa memilih HITACLASS?

Tutor Professional

Semua Tutor di Hitaclass sudah melalui seleksi ketat, sehingga terpilih Tutor Professional yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya selama lebih dari sepuluh tahun.

Peserta kursus privat bisa mengajukan pergantian tentor sesuai kebutuhan proses pembelajaran

Peserta pelatihan akan mengerjakan final proyek desain atau asesmen pada sesi akhir kursus yang dapat digunakan sebagai portofolio karya pribadi

Hitaclass mengutamakan fasilitas ruang pelatihan yang nyaman ber AC dan komputer spek grafis untuk menunjang kelancaran pembelajaran

Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan setelah asesmen

Peserta pelatihan akan mendapatkan modul pada setiap pertemuan

Tentor dan alumni membuka forum tanya jawab di dalam grup WhatsApp

Tentor dan alumni siap memberikan trik dan tips untuk setiap kendala belajar yang ditemui oleh peserta

Benefit Bergabung di HITACLASS

Dokumentasi Kelas

Berikut ini adalah dokumentasi keseruan para peserta dalam mengikuti kursus di Hitaclass.

Dalam mengikuti kursus di Hitaclass, baik secara privat maupun dalam kelompok, menawarkan pengalaman belajar yang unik dan bermanfaat. Privat memberikan fleksibilitas dan perhatian pribadi yang lebih intens, sementara dalam kelas group memberikan interaksi sosial, kolaborasi, dan pembelajaran dari sudut pandang yang beragam. Pilihan terbaik tergantung pada preferensi pribadi kamu, tujuan kamu belajar, dan gaya belajar yang kamu sukai. Jadi, apakah kamu lebih suka belajar privat atau dalam kelas group?

Apa Kata Mereka?

Kami berikan testimoni real yang dikirimkan oleh para Alumni Peserta yang pernah kursus di Hitaclass.