SELAMAT DATANG DI HITACLASS

Kursus Komputer Indragiri Hilir

No. 1 Kursus Upskill, Terbaik & Berpengalaman

KURSUS KOMPUTER, DESAIN GRAFIS, DIGITAL MARKETING,
WEB DEVELOPMENT & ANIMASI

Pilihan Kursus Komputer Hitaclass

Tersedia puluhan materi lainnya yang bisa Kamu pelajari, dengan tutor yang sudah berpengalaman di dunia industri selama lebih dari 10 tahun.

Kursus
Desain Grafis

Kursus
Digital Marketing

Kursus
Web Developer

Kursus
Animasi

Yuk Mulai Karirmu!

Bersama Para Expert HITACLASS

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Upgrade Skill Digital Dari Sekarang

Mengapa memilih HITACLASS?

Tutor Professional

Semua Tutor di Hitaclass sudah melalui seleksi ketat, sehingga terpilih Tutor Professional yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya selama lebih dari sepuluh tahun.

Peserta kursus privat bisa mengajukan pergantian tentor sesuai kebutuhan proses pembelajaran

Peserta pelatihan akan mengerjakan final proyek desain atau asesmen pada sesi akhir kursus yang dapat digunakan sebagai portofolio karya pribadi

Hitaclass mengutamakan fasilitas ruang pelatihan yang nyaman ber AC dan komputer spek grafis untuk menunjang kelancaran pembelajaran

Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan setelah asesmen

Peserta pelatihan akan mendapatkan modul pada setiap pertemuan

Tentor dan alumni membuka forum tanya jawab di dalam grup WhatsApp

Tentor dan alumni siap memberikan trik dan tips untuk setiap kendala belajar yang ditemui oleh peserta

Benefit Bergabung di HITACLASS

Dokumentasi Kelas

Berikut ini adalah dokumentasi keseruan para peserta dalam mengikuti kursus di Hitaclass.

Dalam mengikuti kursus di Hitaclass, baik secara privat maupun dalam kelompok, menawarkan pengalaman belajar yang unik dan bermanfaat. Privat memberikan fleksibilitas dan perhatian pribadi yang lebih intens, sementara dalam kelas group memberikan interaksi sosial, kolaborasi, dan pembelajaran dari sudut pandang yang beragam. Pilihan terbaik tergantung pada preferensi pribadi kamu, tujuan kamu belajar, dan gaya belajar yang kamu sukai. Jadi, apakah kamu lebih suka belajar privat atau dalam kelas group?

Apa Kata Mereka?

Kami berikan testimoni real yang dikirimkan oleh para Alumni Peserta yang pernah kursus di Hitaclass.

MATERI Kursus Komputer Indragiri Hilir

MATERI KURSUS - DESAIN GRAFIS

Apa yang dipelajari di HITACLASS?

PERTEMUAN 1

Membuat Logo Sederhana

  • Pengenalan Coreldraw
  • Basic Tools
  • Basic Coloring
  • Grouping
  • Copy Object
  • Save & Export

PERTEMUAN 2

Membuat Sticker Label

  • Dimension
  • Powerclip
  • Grouping
  • Alignment Object
  • Combine Object

PERTEMUAN 3

Membuat Kartu Nama

  • Basic Curve
  • Quick Trace
  • Basic Layouting
  • Page Setup

PERTEMUAN 4

Membuat Banner

  • Skala dalam desain
  • Duplicate
  • Order
  • Contour Effect

PERTEMUAN 5

Membuat Denah Lokasi

  • Combine Object
  • Advanced Corner
  • Envelope Effect
  • Smart Fill
  • Insert Symbol Character
  • Outline

PERTEMUAN 6

Membuat Brosur

  • Duplicate Transformation
  • Fit Text to Path
  • Paragraph Text
  • Dropcap
  • Text Wrapping
  • Text Alignment

PERTEMUAN 7

Membuat Poster/ DIgital Imaging

  • Pengenalan Photoshop
  • Selection Tools
  • Cropping
  • Image Resolution
  • Layering

PERTEMUAN 8

Teknik Selection Photoshop

  • Instant Selection
  • Manual Selection
  • Hair Selection
  • Channel Selection

PERTEMUAN 9

Mockup

  • Smart Object
  • Blending Mode
  • Masking

PERTEMUAN 10

Final Test

  • Membuat desain dengan menerapkan semua materi yang sudah dipelajari

MATERI KURSUS - DIGITAL MARKETING

Apa yang dipelajari di HITACLASS?

Pengenalan Digital Marketing

  • Definisi dan konsep dasar
  • Manfaat dan aplikasi dalam berbagai jenis bisnis.
  • SEO, SMM, Content Marketing, PPC, Email Marketing.

Market Research and Market Trend

  • Definisi dan pentingnya riset pasar.
  • Teknik dan alat yang digunakan dalam riset pasar.
  • Cara menganalisis dan memanfaatkan informasi kompetitor.

Business Model Canvas dan Value Proposition Canvas

  • Definisi, komponen, dan cara penggunaan.
  • Studi kasus dan latihan pembuatan BMC.
  • Studi kasus dan latihan pembuatan VPC.

 

Copywriting dan Website Development

  • Teknik dan strategi menulis konten yang menarik.
  • Dasar-dasar pembuatan website.

Social Media Marketing (SMM)

  • Definisi dan pentingnya SMM.
  • Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok.
  • Alat dan teknik untuk mengukur efektivitas SMM.

Search Engine Optimization (SEO)

  • Pengertian dan pentingnya SEO
  • Optimalisasi konten, meta tags, dan struktur URL.
  • Backlink, social signals, dan guest posting.
  • Alat dan metode untuk mengukur kinerja SEO.
  •  

Pengenalan Google Ads

  • Definisi dan keunggulan Google Ads.
  • Langkah-langkah dan strategi.
  • Alat dan teknik untuk meningkatkan kinerja iklan.

Google My Business (Google Maps)

  • Langkah-langkah pembuatan dan verifikasi.
  • Cara meningkatkan visibilitas dan interaksi.
  • Alat dan teknik untuk mengukur efektivitas GMB.

Pengenalan Meta Ads

  • Facebook Ads, Instagram Ads.

Video Content Marketing

  • Perencanaan, produksi, dan pengeditan video.
  • Platform distribusi, strategi promosi, dan analisis kinerja video.
  •  

MATERI KURSUS - WEB DEVELOPER

Backend Web Programming

Stack/Teknologi yang digunakan : NodeJs+Postgres (14 sesi * 1.5jam) private only.

Beginner level backend web programming menggunakan NodeJs dan database postgres, dengan tujuan akhir peserta memahami dasar pemrogramman NodeJs,
dapat membuat aplikasi pendaftaran sederhana dan membuat API untuk integrasi
frontend. peserta juga akan memiliki portofolio project dan repository Github
setelah kelas selesai

  1. Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  2. Dasar HTML dan CSS (1 sesi)
  3. Setup Github dan Node js (1 sesi)
  4. Pengenalan dasar bahasa pemrograman Javascript variabel dan tipe data (1 sesi)
  5. Pengenalan percabangan dan looping (1 sesi)
  6. Array, object dan function (2 sesi)
  7. Database dan query (2 sesi)
  8. Project form pendaftaran (server side rendering) (3 sesi)
  9. Project form pendaftaran API dan Token Authentication (1 sesi)
  10. Deployment (1 sesi)

Frontend Web Programming

Stack/Teknologi yang digunakan : ReactJs+React UI Kit (15sesi *1.5jam) private only

beginner level frontend web programming menggunakan ReactJs dengan
integrasi REST API. dengan tujuan akhir peserta dapat membuat project
pendaftaran dengan integrasi API dan authentication. peserta juga akan memiliki portofolio project dan repository Github setelah kelas selesai

  1. Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  2. Dasar HTML dan CSS (1 sesi)
  3. Implementasi desain dari figma/pdf ke html (2 sesi)
  4. Pengenalan bahasa pemrograman JavaScript client side (2 sesi)
  5. Konsep backend dan frontend dan implementasinya (1 sesi)
  6. Setup Github dan setup project (1 sesi)
  7. Pengenalan ReactJs (2 sesi)
  8. Implementasi UI Kit (1 sesi)
  9. Project form pendaftaran (client side rendering) (2 sesi)
  10. Project Authentication/Login (1 sesi)
  11. Deployment (1 sesi)

Wordpress Website Development

Wordpress : (7sesi * 1.5jam) private

membuat website menggunakan CMS, cocok untuk membuat website bagi pelaku
usaha. peserta akan diajarkan membuat dan mendesain website tanpa
coding/programming. tujuan akhir pembelajaran, peserta dapat membuat website
profile dan katalog sendiri tanpa coding

  1. Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  2. konsep Domain dan hosting (1 sesi)
  3. setup wordpress & pengenalan content management system (CMS) wordpress
    (1 sesi)
  4. Desain website Company Profile menggunakan elementor (1 sesi)
  5. Form pendaftaran (1 sesi)
  6. Membuat custom post (1 sesi)
  7. Pembuatan katalog produk (1 sesi)

MATERI KURSUS - ANIMASI

Materi Kursus Animasi 2D / Motion Graphic

After Effect

Kursus Animasi 2D atau Motion Graphic menggunakan software utama Adobe After Effect, dengan software pendukung lainnya seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe Illustrator.

Sesi 1: Pengenalan Adobe After Effects
  • Perkenalan dan tujuan kursus
  • Navigasi antarmuka pengguna
  • Pengaturan proyek dan komposisi dasar
  • Import media (video, audio, dan gambar)
  • Penjelasan timeline, panel project, dan panel komposisi
Sesi 2: Dasar-dasar Animasi
  • Memahami konsep keyframe dan timeline
  • Animasi dasar menggunakan posisi, skala, rotasi, dan opacity
  • Penggunaan graph editor untuk kontrol animasi
  • Menyimpan dan mengelola preset animasi
Sesi 3: Layer dan Masking
  • Memahami layer dalam After Effects
  • Penggunaan mode blending layer
  • Teknik masking dasar (mask path, feather, opacity)
  • Animasi mask untuk efek transisi
Sesi 4: Efek dan Preset
  • Pengenalan efek dan preset bawaan After Effects
  • Menambahkan dan menyesuaikan efek pada layer
  • Memahami dan menggunakan efek populer (blur, glow, shadow)
  • Menciptakan dan menyimpan preset efek
Sesi 5: Text dan Typography
  • Membuat dan mengedit teks dalam After Effects
  • Penggunaan animasi teks bawaan
  • Membuat animasi teks kustom menggunakan keyframes
  • Menggunakan Expression untuk animasi teks
Sesi 6: Motion Tracking dan Stabilization
  • Pengenalan motion tracking
  • Single-point dan multi-point tracking
  • Menambahkan objek atau teks yang mengikuti gerakan video
  • Stabilization untuk mengurangi getaran kamera
Sesi 7: Green Screen dan Keying
  • Memahami konsep chroma key dan green screen
  • Menggunakan efek Keylight untuk menghapus background
  • Penyesuaian dan fine-tuning keying
  • Menggabungkan footage dengan background baru
Sesi 8: 3D Layers dan Camera
  • Memahami konsep 3D layer dalam After Effects
  • Menambahkan dan mengatur kamera 3D
  • Animasi kamera dan depth of field
  • Penggunaan lights dalam komposisi 3D
Sesi 9: Expressions dan Script
  • Pengenalan expressions dalam After Effects
  • Dasar-dasar penulisan expressions untuk animasi
  • Menggunakan expressions untuk kontrol animasi kompleks
  • Memahami dan menggunakan script sederhana
Sesi 10: Rendering dan Ekspor
  • Pengaturan output dan render queue
  • Memahami format file dan codec
  • Optimalisasi pengaturan ekspor untuk kualitas dan ukuran file
  • Menggunakan Adobe Media Encoder untuk ekspor lanjutan

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Basic

Kursus Animasi 3D dengan software Blender membahas semua materi basic mulai dari Modelling, Texturing, Rigging, Animasi hingga Rendering menjadi sebuah video animasi yang siap di publish.

Sesi 1: Pengenalan Software
  • Pengenalan Antarmuka 
  • Membuat dan Menyimpan Proyek
  • Navigasi Dasar
Sesi 2: Dasar-Dasar Modelling
  • Primitive Objects
  • Transformasi Objek
  • Menggunakan Outliner dan Layer
Sesi 3: Polygon Modelling Dasar
  • Dasar-Dasar Polygon
  • Alat-Alat Modelling Polygon
  • Menyempurnakan Model 
Sesi 4: NURBS Modelling Dasar
  • Pengenalan NURBS
  • Alat-Alat Modelling NURBS
  • Konversi antara NURBS dan Polygons
Sesi 5: Tekstur dan Material
  • Pengenalan Material
  • Mengaplikasikan Tekstur
  • Teknik Lanjutan dalam Texturing
Sesi 6: Pencahayaan dan Rendering Dasar
  • Pengenalan Pencahayaan
  • Teknik Pencahayaan
  • Dasar-Dasar Rendering
Sesi 7: Rigging Dasar
  • Pengenalan Rigging
  • Binding dan Skinning
  • Kontrol Dasar Rig
Sesi 8: Animasi Dasar
  • Pengenalan Animasi
  • Alat-Alat Animasi
  • Teknik Animasi Dasar 
Sesi 9: Dinamika dan Efek Khusus
  • Pengenalan Dinamika
  • Dinamika Rigids dan Fluids
  • Efek Khusus
Sesi 10: Proyek Akhir dan Presentasi
  • Membuat Proyek Desain Akhir
  • Presentasi dan Umpan Balik
  • Tanya Jawab dan Diskusi

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Modelling

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Modelling yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Blender dan Dasar-dasar Modeling

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Antarmuka Blender untuk Modeling
    • Dasar-dasar Navigasi dan Manipulasi Objek
    • Pengenalan Mode Edit dan Mode Object
    • Tools Dasar: Move, Rotate, Scale, Extrude, dan Inset
  • Praktik:
    • Membuat dan memodifikasi objek sederhana seperti kubus, silinder, dan kerucut menggunakan tools dasar

Sesi 2: Struktur Mesh dan Teknik Pengeditan Dasar

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Memahami Struktur Mesh: Vertices, Edges, dan Faces
    • Teknik Pengeditan Mesh: Loop Cuts, Knife Tool, dan Subdivide
    • Modifier Dasar: Subdivision Surface dan Mirror
  • Praktik:
    • Membuat model sederhana dengan teknik pengeditan mesh dan menerapkan modifier dasar

Sesi 3: Teknik Pemodelan Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Extrusion dan Bevel untuk Detail
    • Pengenalan kepada Vertex Group dan Edge Loop
    • Menggunakan Modifier Lainnya: Boolean dan Array
  • Praktik:
    • Membuat model kompleks dengan teknik extrusion dan bevel, serta menerapkan modifier boolean dan array

Sesi 4: Modeling Hard Surface

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Hard Surface Modeling: Definisi dan Teknik Dasar
    • Teknik Detailing: Bevel, Edge Loops, dan Hard Surface Tools
    • Menggunakan Modifier untuk Hard Surface: Boolean, Array, dan Mirror
    • Teknik Detailing Tambahan: Hard Surface Texturing dan Paneling
  • Praktik:
    • Membuat model hard surface seperti robot, senjata, atau kendaraan menggunakan teknik dan modifier khusus

Sesi 5: Pemodelan Organik dan Sculpting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Pemodelan Organik: Sculpting vs. Traditional Modeling
    • Pengenalan ke Sculpt Mode: Brush Types dan Tools
    • Teknik Dasar Sculpting: Dynamic Topology dan Multiresolution
  • Praktik:
    • Membuat model organik sederhana menggunakan sculpting dan teknik dasar modeling

Sesi 6: Teknik Pembuatan Tekstur dan UV Mapping

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan UV Mapping: Konsep dan Teknik Unwrapping
    • Mengatur UV Islands dan Penempatan UV
    • Teknik Texture Paint untuk Mewarnai Model
  • Praktik:
    • Membuat UV Map untuk model dan menerapkan tekstur dasar menggunakan Texture Paint

Sesi 7: Modeling untuk Lingkungan dan Arsitektur

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Modeling untuk Lingkungan: Building Blocks dan Modular Design
    • Menggunakan Add-ons untuk Arsitektur (misalnya, Archimesh)
    • Penerapan Teknik Detail seperti Bevel dan Inset untuk Arsitektur
  • Praktik:
    • Membuat model lingkungan atau bangunan sederhana dengan teknik modular dan detail

Sesi 8: Teknik Modeling untuk Efek Khusus

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Pemodelan untuk Efek Khusus: Smoke, Fire, Fluid
    • Penggunaan Modifier untuk Efek Khusus
    • Teknik Detail untuk Efek Khusus
  • Praktik:
    • Membuat model untuk efek khusus seperti api atau asap dengan teknik modeling yang sesuai

Sesi 9: Optimasi Mesh dan Perbaikan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Mengurangi Poligon untuk Mesh yang Efisien
    • Memperbaiki Masalah Mesh: Normal, Double Vertices, dan Non-Manifold Edges
    • Teknik Decimation dan Retopology untuk Optimalisasi
  • Praktik:
    • Mengoptimalkan mesh dan memperbaiki masalah mesh untuk kinerja yang lebih baik

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Model Komprehensif dengan Teknik yang Telah Dipelajari
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir dan sesi tanya jawab serta diskusi mengenai proses dan teknik yang digunakan

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Rigging

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Rigging yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Rigging di Blender

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Rigging? Konsep dan Pentingnya dalam Animasi
    • Pengenalan Antarmuka Blender untuk Rigging
    • Memahami Struktur Rig: Bone dan Armature
    • Menyiapkan Model untuk Rigging
  • Praktik:
    • Membuat dan mengatur armature dasar serta menambahkan bone ke model sederhana

Sesi 2: Membuat dan Mengatur Armature

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Membuat Bone: Penambahan, Pengaturan, dan Penamaan
    • Menghubungkan Bone dengan Model: Parent dan Constraints
    • Menggunakan Pose Mode untuk Menguji Bone
  • Praktik:
    • Membuat armature lengkap untuk model sederhana dan mengatur bone untuk pose dasar

Sesi 3: Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK)

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Konsep Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK)
    • Menerapkan IK dan FK pada Rig
    • Mengatur IK Constraints dan IK Solvers
  • Praktik:
    • Menambahkan IK dan FK pada rig model dan menguji pergerakan

Sesi 4: Pengaturan Weight Painting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Weight Painting dan Mengapa Penting
    • Menggunakan Weight Paint Tools: Draw, Blur, dan Smooth
    • Memahami Vertex Groups dan Weight Assignment
  • Praktik:
    • Menerapkan weight paint pada model rigging dan menyesuaikan weight untuk gerakan yang alami

Sesi 5: Penggunaan Vertex Groups dan Automatic Weights

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Mengelola Vertex Groups: Pembuatan dan Penugasan
    • Teknik Automatic Weights: Weight Painting Otomatis
    • Memperbaiki dan Menyempurnakan Automatic Weights
  • Praktik:
    • Menggunakan automatic weights untuk rig dan melakukan penyesuaian pada vertex groups

Sesi 6: Mengatur Skinning dan Mengatasi Masalah Umum

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Skinning Lanjutan: Weight Painting dan Smooth Weights
    • Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah Umum dalam Skinning
    • Menggunakan Mesh Tools untuk Perbaikan
  • Praktik:
    • Mengatasi masalah umum dalam skinning dan melakukan perbaikan pada model yang ada

Sesi 7: Menerapkan Constraints dan Controllers

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penggunaan Constraints: Limit, Copy, dan Track To
    • Menerapkan Controllers untuk Mempermudah Animasi
    • Teknik Setup: IK-FK Switching dan Custom Controllers
  • Praktik:
    • Menambahkan constraints dan controllers pada rig untuk meningkatkan fungsionalitas

Sesi 8: Rigging untuk Ekspresi dan Karakter

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan kepada Rigging Ekspresi: Facial Rigging dan Shape Keys
    • Teknik Membuat Facial Rig dan Mengatur Shape Keys
    • Implementasi Ekspresi dalam Animasi
  • Praktik:
    • Membuat dan mengatur facial rig serta shape keys untuk ekspresi karakter

Sesi 9: Proses Rigging dan Weight Painting Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Teknik Rigging untuk Model Kompleks: Mengatur Multiple Armatures
    • Weight Painting untuk Model dengan Banyak Bone
    • Teknik Lanjutan untuk Pengaturan Rig dan Skinning
  • Praktik:
    • Menerapkan teknik lanjutan untuk rigging dan weight painting pada model kompleks

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Rig dan Weight Paint untuk Model Lengkap
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir, sesi tanya jawab, dan diskusi mengenai proses dan teknik yang digunakan

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Animating

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Animasi yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Animasi di Blender

  • Tujuan: Memahami dasar-dasar animasi di Blender dan mengenal antarmuka Blender terkait animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan animasi dan antarmuka Blender.
    • Navigasi di Timeline dan Dope Sheet.
    • Pengenalan keyframes: Apa itu keyframe dan bagaimana cara kerjanya.
    • Praktik membuat animasi sederhana dengan transformasi objek (translasi, rotasi, skala).
  • Latihan: Membuat animasi dasar dari sebuah objek bergerak dari titik A ke titik B.

Sesi 2: Menggunakan Graph Editor

  • Tujuan: Memahami penggunaan Graph Editor untuk mengatur dan memodifikasi animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan Graph Editor dan fungsinya.
    • Membaca dan memanipulasi kurva animasi (F-curves).
    • Menambahkan dan mengedit keyframe melalui Graph Editor.
    • Menggunakan interpolasi dan easing untuk membuat animasi yang halus.
  • Latihan: Menganalisis dan memodifikasi kurva animasi untuk mengontrol kecepatan dan kelancaran gerakan.

Sesi 3: Animasi Rigging dan Pengenalan Armature

  • Tujuan: Mengenal dasar rigging dan armature untuk animasi karakter.
  • Materi:
    • Pengenalan konsep rigging dan armature.
    • Membuat dan mengatur armature dasar.
    • Menautkan (parenting) armature ke objek mesh.
    • Memahami pose mode dan penggunaan bones.
  • Latihan: Membuat rig sederhana dan menggerakkan karakter menggunakan pose mode.

Sesi 4: Rigging Lanjut dan Weight Painting

  • Tujuan: Menguasai teknik rigging lanjut dan weight painting untuk kontrol animasi yang lebih baik.
  • Materi:
    • Menambahkan kontrol ikatan tulang (bone constraints).
    • Menggunakan Inverse Kinematics (IK) dan Forward Kinematics (FK).
    • Pengenalan weight painting dan pengaruhnya pada deformasi mesh.
    • Praktik weight painting untuk memastikan deformasi yang baik.

Latihan: Membuat rig kompleks dengan IK/FK dan memperbaiki deformasi mesh menggunakan weight painting.

Sesi 5: Animasi Karakter Dasar

  • Tujuan: Mempelajari teknik dasar animasi karakter.
  • Materi:
    • Prinsip dasar animasi karakter (timing, spacing, squash & stretch).
    • Membuat pose kunci (key poses) dan pose perantara (in-betweens).
    • Mengatur timing dan spacing untuk gerakan karakter yang realistis.
    • Praktik menghidupkan karakter sederhana dengan gerakan dasar (misalnya berjalan).
  • Latihan: Membuat animasi karakter sederhana yang berjalan (walk cycle).

Sesi 6: Animasi Karakter Lanjut

  • Tujuan: Mendalami teknik animasi karakter yang lebih kompleks.
  • Materi:
    • Menambah detail pada walk cycle (weight shift, overlapping action).
    • Memahami animasi lip sync dan ekspresi wajah.
    • Menggunakan shape keys untuk kontrol ekspresi wajah.
    • Praktik animasi dialog dengan sinkronisasi bibir dan ekspresi.
  • Latihan: Membuat animasi pendek dengan karakter berbicara dan berekspresi.

Sesi 7: Dinamika Fisika dan Simulasi

  • Tujuan: Mengintegrasikan dinamika fisika dan simulasi dalam animasi.
  • Materi:
    • Pengenalan sistem fisika di Blender (Rigid Body, Soft Body, Cloth).
    • Membuat animasi menggunakan Rigid Body untuk objek jatuh atau bertabrakan.
    • Menggunakan Soft Body untuk animasi objek yang lebih fleksibel.
    • Praktik membuat simulasi cloth (kain) untuk karakter.

Latihan: Membuat animasi objek jatuh yang realistis dan animasi kain yang bergerak.

Sesi 8: Efek Partikel dan Animasi Lingkungan

  • Tujuan: Memahami penggunaan efek partikel dan animasi lingkungan.
  • Materi:
    • Pengenalan sistem partikel di Blender.
    • Membuat animasi partikel dasar (misalnya hujan, api, asap).
    • Menggunakan force fields untuk mempengaruhi partikel.
    • Animasi lingkungan: mengatur kamera dan pencahayaan untuk adegan animasi.
  • Latihan: Membuat adegan hujan dengan efek partikel dan animasi kamera.

Sesi 9: Animasi Kamera dan Teknik Sinematografi

  • Tujuan: Menguasai teknik animasi kamera untuk meningkatkan kualitas sinematik.
  • Materi:
    • Pengenalan animasi kamera: setting focal length, depth of field, dan pergerakan kamera.
    • Teknik tracking dan dolly untuk pergerakan kamera yang halus.
    • Menggunakan kamera untuk storytelling (panning, tilting, zooming).
    • Praktik membuat animasi kamera yang dinamis.
  • Latihan: Membuat adegan pendek dengan pergerakan kamera yang kompleks dan dramatis.

Sesi 10: Rendering dan Compositing Animasi

  • Tujuan: Menguasai proses rendering dan compositing untuk hasil akhir animasi.
  • Materi:
    • Pengaturan rendering untuk animasi: sampling, resolution, output formats.
    • Memahami dan mengatur node compositing untuk efek visual.
    • Menggabungkan elemen-elemen berbeda (render passes) untuk animasi yang kompleks.
    • Praktik membuat dan mengedit animasi akhir menggunakan compositing.

Latihan: Merender dan melakukan compositing pada proyek animasi yang telah dibuat selama kursus.

Materi Kursus Animasi 3D

Blender - Advanced Rendering

Kursus Animasi 3D dengan software Blender khusus membahas Rendering yang lebih detail & terperinci.

Sesi 1: Pengenalan Rendering di Blender

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Apa itu Rendering? Pengertian dan Pentingnya dalam 3D
    • Memahami Antarmuka Blender untuk Rendering
    • Perbedaan Antara Eevee dan Cycles Render Engine
    • Pengaturan Awal: Menyiapkan Scene dan Kamera
  • Praktik:
    • Menyiapkan scene sederhana dan melakukan rendering pertama menggunakan Eevee dan Cycles

Sesi 2: Menggunakan Eevee Render Engine

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Eevee: Kelebihan dan Kelemahan
    • Pengaturan dan Optimalisasi Eevee
    • Penambahan dan Pengaturan Ambient Occlusion, Screen Space Reflections
    • Mengatur Lights dan Materials di Eevee
  • Praktik:
    • Mengoptimalkan scene untuk Eevee dan membandingkan hasil dengan Cycles

Sesi 3: Pengenalan Cycles Render Engine

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Cycles: Kelebihan dan Kelemahan
    • Memahami Sampling, Bounces, dan Light Paths
    • Mengatur Render Settings untuk Kualitas dan Kecepatan
  • Praktik:
    • Mengatur dan merender scene dengan Cycles, eksperimen dengan sampling dan light bounces

Sesi 4: Material dan Shader dalam Rendering

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Shader Editor
    • Dasar-dasar Material: Principled BSDF, Diffuse, Glossy
    • Teknik Shader: Bump Mapping, Normal Mapping
    • Material Nodes dan Pengaturan
  • Praktik:
    • Membuat dan menerapkan berbagai jenis material dan shader pada objek

Sesi 5: Pencahayaan (Lighting) untuk Rendering

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Jenis-jenis Cahaya: Point, Sun, Spot, Area Lights
    • Teknik Pencahayaan: 3-Point Lighting, HDRi Lighting
    • Pengaturan Shadows dan Penyesuaian Intensitas Cahaya
  • Praktik:
    • Menerapkan berbagai jenis pencahayaan pada scene dan menyesuaikan untuk hasil optimal

Sesi 6: Pengaturan Kamera dan Komposisi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengaturan Kamera: Focal Length, Depth of Field
    • Teknik Komposisi: Rule of Thirds, Leading Lines
    • Mengatur Depth of Field di Cycles dan Eevee
  • Praktik:
    • Mengatur kamera dan menerapkan teknik komposisi pada scene

Sesi 7: Post-Processing dan Compositing

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Pengenalan Compositing Nodes
    • Teknik Post-Processing: Color Correction, Vignetting
    • Menyimpan dan Mengedit Rendered Image
  • Praktik:
    • Menggunakan Compositing Nodes untuk meningkatkan hasil render

Sesi 8: Teknik Rendering Lanjutan

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penggunaan Render Layers dan Passes
    • Integrasi dengan Software Lain untuk Rendering
    • Teknik Rendering untuk Efek Khusus (misalnya, Smoke, Fire, Fluid)
  • Praktik:
    • Menggunakan Render Layers dan Passes untuk meningkatkan hasil render

Sesi 9: Optimalisasi dan Troubleshooting

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah Rendering Umum
    • Teknik untuk Mengoptimalkan Kecepatan Render
    • Menggunakan Tools dan Add-ons untuk Memperbaiki Masalah
  • Praktik:
    • Memecahkan masalah rendering dan mengoptimalkan scene untuk kecepatan dan kualitas

Sesi 10: Proyek Akhir dan Evaluasi

  • Durasi: 90 menit
  • Materi:
    • Penugasan Proyek Akhir: Membuat Scene Komprehensif dengan Teknik yang Telah Dipelajari
    • Review dan Evaluasi Hasil Proyek
    • Diskusi dan Tanggapan tentang Proyek
  • Praktik:
    • Presentasi proyek akhir dan sesi tanya jawab

PRICELIST Kursus Komputer Indragiri Hilir

HARGA KURSUS - DESAIN GRAFIS & DIGITAL MARKETING

BIAYA KURSUS PRIVAT

Rp 200.000,-

/sesi

PROMO BULAN AGUSTUS 2024

AMBIL SEMUA MATERI
10 SESI PERTEMUAN

Rp2.000.000,-

DISKON 30%

Rp 1.400.000,-

HARGA KURSUS - WEB DEVELOPER

Kursus Backend
Web Programming

Rp 5.000.000

Beginner level backend web programming menggunakan NodeJs dan database postgres, dengan tujuan akhir peserta memahami dasar pemrogramman NodeJs, dapat membuat aplikasi pendaftaran sederhana dan membuat API untuk integrasi frontend. peserta juga akan memiliki portofolio project dan repository Github setelah kelas selesai

Materi

  • Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  • Dasar HTML dan CSS (1 sesi)
  • Setup Github dan Node js (1 sesi)
  • Pengenalan dasar bahasa pemrograman Javascript variabel dan tipe data (1
    sesi)
  • Pengenalan percabangan dan looping (1 sesi)
  • Array, object dan function (2 sesi)
  • Database dan query (2 sesi)
  • Project form pendaftaran (server side rendering) (3 sesi)
  • Project form pendaftaran API dan Token Authentication (1 sesi)
  • Deployment (1 sesi)

Kursus Frontend
Web Programming

Rp 5.000.000

Beginner level frontend web programming menggunakan ReactJs dengan integrasi REST API. dengan tujuan akhir peserta dapat membuat project pendaftaran dengan integrasi API dan authentication. peserta juga akan memiliki portofolio project dan repository Github setelah kelas selesai

Materi

  • Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  • Dasar HTML dan CSS (1 sesi)
  • Implementasi desain dari figma/pdf ke html (2 sesi)
  • Pengenalan bahasa pemrograman JavaScript client side (2 sesi)
  • Konsep backend dan frontend dan implementasinya (1 sesi)
  • Setup Github dan setup project (1 sesi)
  • Pengenalan ReactJs (2 sesi)
  • Implementasi UI Kit (1 sesi)
  • Project form pendaftaran (client side rendering) (2 sesi)
  • Project Authentication/Login (1 sesi)
  • Deployment (1 sesi)

Kursus Wordpress
Web Development

Rp 3.000.000

Membuat website menggunakan CMS, cocok untuk membuat website bagi pelaku usaha. peserta akan diajarkan membuat dan mendesain website tanpa coding/programming. tujuan akhir pembelajaran, peserta dapat membuat website profile dan katalog sendiri tanpa coding

Materi

  • Pengenalan dasar Internet dan Website* (1 sesi)
  • konsep Domain dan hosting (1 sesi)
  • setup wordpress & pengenalan content management system (CMS) wordpress
    (1 sesi)
  • Desain website Company Profile menggunakan elementor (1 sesi)
  • Form pendaftaran (1 sesi)
  • Membuat custom post (1 sesi)
  • Pembuatan katalog produk (1 sesi)

HARGA KURSUS - ANIMASI

Kursus Animasi 2D
After Effect (Motion Graphic)

Rp 5.000.000

Kursus Animasi 2D atau Motion Graphic menggunakan software utama Adobe After Effect, dengan software pendukung lainnya seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe Illustrator.

Materi

  • Pengenalan Adobe After Effects
  • Dasar-dasar Animasi
  • Layer dan Masking
  • Efek dan Preset
  • Text dan Typography
  • Motion Tracking dan Stabilization
  • Green Screen dan Keying
  • 3D Layers dan Camera
  • Expressions dan Script
  • Rendering dan Ekspor

Kursus Animasi 3D
Blender Basic

Rp 6.000.000

Kursus Animasi 3D menggunakan software Blender dari Modelling, Texturing, Rigging, Animasi hingga Rendering menjadi sebuah video animasi yang siap di publish.

Materi

  • Pengenalan Blender
  • Dasar-Dasar Modelling
  • Polygon Modelling Dasar
  • Modelling NURBS dan Curves
  • Tekstur dan Material
  • Pencahayaan dan Rendering Dasar
  • Rigging Dasar
  • Animasi Dasar
  • Dinamika dan Efek Khusus
  • Proyek Akhir dan Presentasi

Kursus Animasi 3D
Blender Advanced

Rp 23.000.000

Kursus Animasi 3D menggunakan software Blender yang dibahas lebih detail & terperinci, mulai dari Modelling, Texturing, Rigging, Animasi hingga Rendering menjadi sebuah video animasi yang siap di publish.

Materi

  • Modelling Advanced 10 Sesi
  • Rigging Advanced 10 Sesi
  • Animasi Advanced 10 Sesi
  • Rendering Advanced 10 Sesi

Kursus Komputer Indragiri Hilir

Di era digital seperti sekarang ini, keterampilan komputer menjadi kebutuhan mendasar bagi siapa pun yang ingin sukses dalam karirnya. Kemajuan teknologi informasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga hiburan. Oleh karena itu, mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir dapat memberikan banyak manfaat yang tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis tetapi juga membuka peluang karir yang lebih luas.

Manfaat Mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir

  1. Peningkatan Keterampilan Teknis

Mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir membantu peserta untuk memahami dan menguasai berbagai aplikasi dan software yang sering digunakan dalam dunia kerja. Keterampilan seperti penggunaan Microsoft Office, desain grafis, pemrograman, dan analisis data sangat dihargai oleh perusahaan.

  1. Peningkatan Produktivitas

Dengan keterampilan komputer yang mumpuni, seseorang dapat bekerja lebih cepat dan efisien. Hal ini karena mereka dapat memanfaatkan berbagai tool dan software yang tersedia untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efektif.

  1. Peluang Karir yang Lebih Luas

Banyak perusahaan mencari kandidat yang memiliki kemampuan komputer yang baik. Dengan mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir, Anda dapat menambah nilai jual Anda di mata perekrut dan membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

  1. Kemampuan Beradaptasi dengan Teknologi Baru

Teknologi terus berkembang dengan cepat. Dengan dasar keterampilan komputer yang kuat, Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi baru dan tetap relevan di pasar kerja.

Jenis Kursus Komputer Indragiri Hilir yang Bisa Diikuti

Ada berbagai jenis Kursus Komputer Indragiri Hilir yang bisa Anda ikuti, tergantung pada minat dan kebutuhan Anda. Beberapa kursus yang populer antara lain:

  1. Kursus Dasar Komputer

Kursus ini cocok bagi pemula yang ingin memahami dasar-dasar penggunaan komputer, seperti mengoperasikan sistem operasi, pengelolaan file, dan penggunaan aplikasi dasar seperti pengolah kata dan spreadsheet.

  1. Kursus Desain Grafis

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia seni digital, kursus desain grafis adalah pilihan yang tepat. Anda akan belajar menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan CorelDRAW untuk menciptakan desain yang menarik.

  1. Kursus Pemrograman

Kursus ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkarir di bidang teknologi informasi. Anda akan belajar berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan C++ serta memahami konsep-konsep dasar pemrograman.

  1. Kursus Analisis Data

Dengan meningkatnya kebutuhan akan data-driven decision making, kursus analisis data menjadi sangat penting. Anda akan belajar menggunakan tool seperti Microsoft Excel, SQL, dan berbagai software analisis data lainnya untuk mengolah dan menganalisis data.

Mengapa Memilih Hitaclass sebagai Tempat Kursus Komputer Indragiri Hilir?

Hitaclass menawarkan berbagai Kursus Komputer Indragiri Hilir yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta dengan berbagai latar belakang. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Hitaclass:

  1. Instruktur Berpengalaman

Hitaclass memiliki tim instruktur yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Mereka tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas tetapi juga mampu menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami.

  1. Materi Kursus yang Komprehensif

Materi kursus di Hitaclass disusun secara komprehensif dan up-to-date, mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

  1. Fleksibilitas Waktu dan Tempat

Dengan kursus online yang ditawarkan oleh Hitaclass, Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja. Ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jadwal yang padat dan ingin belajar dengan fleksibel.

  1. Sertifikat yang Diakui

Setelah menyelesaikan kursus, Anda akan mendapatkan sertifikat dari Hitaclass yang diakui oleh banyak perusahaan. Sertifikat ini akan menjadi bukti keterampilan Anda dan meningkatkan nilai jual Anda di pasar kerja.

Kursus Komputer Indragiri Hilir: Investasi untuk Masa Depan

Mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir adalah investasi yang sangat berharga untuk masa depan Anda. Dengan keterampilan komputer yang baik, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan dalam karir. Jangan biarkan ketertinggalan teknologi menghambat langkah Anda. Segera ambil tindakan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Penutup

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan meningkatkan diri. Dengan mengikuti Kursus Komputer Indragiri Hilir di Hitaclass, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah. Jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja. Daftarkan diri Anda sekarang juga di Hitaclass dan jadilah bagian dari komunitas pembelajar yang siap menghadapi tantangan dunia digital. Dengan Hitaclass, Anda berada di tangan yang tepat untuk meraih kesuksesan. Mari bergabung dan wujudkan impian Anda bersama kami!